Diberdayakan oleh Blogger.

Transportasi Massal di Indonesia

Dewasa ini kepopuleran transportasi massal di kalangan masyarakat Indonesia sangatlah kurang. Hampir sepanjang jalan transportasi massal yang dijumpai seringkali sepi oleh penumpang. Masyarakat lebih memilih menggunakan transportasi pribadi daripada transportasi massal dikarenakan beberapa faktor. Hal ini menjadi salah satu penyebab sering tejadinya kemacetan di Indonesia.
            Kurang diminatinya transportasi massal di Indonesia dikarenakan kurang adanya pelayanan yang maksimal akan transportasi massal tersebut, misalnya moda tranportasi yang kotor dan jorok, penumpang yang berdesak-desakan, dsb. Selain itu mahalnya biaya transportasi massal dibanding pribadi menyebabkan masyarakat lebih memilih menggunakan transportasi pribadi. Perhatian pemerintah terhadap transportasi massal yang lemah juga menjadi indikator yang menyebabkan masyarakat meninggalkan transportasi massal.
            Perbaikan akan transpotasi massal di Indonesia harus segera dilaksanakan ,terutama dimulai dari Pemerintah karena pemerintahlah yang mempunyai kendali akan semuanya. Pemerintah harus memperbaiki sarana dan prasarana agar masyarakat merasa lebih nyaman menggunakan transportasi massal. Selain itu pemerintah seharusnya tidak menambah jalan baru untuk mengurangi masalah transportasi (kemacetan), karena jika menambah jalan baru bukannya mengurangi kemacetan namun malah akan menambah banyak jumlah kendaraan pribadi. Selain itu, Pemerintah juga sebaiknya membuat kebijakan untuk lebih menekankan penggunaan transportasi massal, misal dengan memberi pajak yang tinggi terhadap kendaraan pribadi.
            Ketegasan Pemerintah akan kebijakan-kebijakan penggunaan transportasi massal secara otomatis dapat menyadarkan masyarakat tentang pentingnya menggunakan transportasi umum. Penggunaan transportasi massal yang lebih banyak daripada transportasi pribadi menjadi salah satu ciri negara maju. Trasportasi massal juga memiliki banyak manfaat, selain mengurangi masalah umum transportasi (kemacetan) juga dapat menghemat bahan bakar minyak yang semakin berkurang ketersediannya, serta mengurangi polusi yang dapat meningkatkan pemanasan global.
            Faktor utama kurang minatnya masyarakat terhadap transportasi massal karena kurang pekanya pemerintah terhadap masalah tersebut. Oleh karena itu pemerintah harus lebih peka dan segera memperbaikinya karena jika dibiarkan terus menerus akan menimbulkan banyak masalah. Selain itu, transportasi massal juga sebenarnya memiliki banyak manfaat.

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar